Iklan Digital akan Mengubah Kampanye Politik Lokal

Headline Pilkada political digital campaign1 Comment on Iklan Digital akan Mengubah Kampanye Politik Lokal

Iklan Digital akan Mengubah Kampanye Politik Lokal

Beberapa tahun terkahir terjadi perubahan besar dalam dunia marketing. Perubahan ini sesungguhnya juga terjadi pada kampanye politik elektoral. Di eropa dan amerika perubahan ini sangatlah terasa, sayangnya di indonesia belum terlalu terasa. Meskipun di dunia industri sudah cukup masif, tapi di dunia politik sangatlah jarang, jikapun ada tidak betul-betul di kelola secara bener.

Seharusnya kampanye politik elektoral seperti pilkada kabupaten dan provinsi sudah bisa mulai menggunakan profesional untuk melakukan kampanye secara digital. Di indonesia kampanye masih dilakukan dengan cara-cara tradisonal, padahal setiap siklus pemilu dibutuhkan cara-cara baru untuk lebih menjangkau dan mempengaruhi pemilih. Jika dilakukan dengan benar, iklan digital bisa sangat efektif dalam persuasi, mengumpulkan dana kampanye, mengajak orang ke tempat pemungutan suara, dan mendapatkan suara. Tapi kembali lagi, masih banyak para kandidat yang belum benar-benar melakukan kampanye elektoral dengan benar.

Padahal jika dikelola dengan benar, pengaruh kampanye digital pada politik lokal akan sangat besar pengaruhnya, baik untuk kandidat dan pemilih.

Di Amerika Serikat Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh Borrell Associates, belanja politik online diatur untuk mencapai lebih dari $ 1 miliar di seluruh kampanye lokal, negara bagian dan nasional pada tahun 2016! Dari jumlah itu, sekitar $ 500 juta dihabiskan untuk kampanye lokal. Jadi, ada peluang besar untuk iklan digital untukkomunitas lokal dan inisiatif masalah pemungutan suara lokal (kota, kabupaten dan provinsi.)

Di indonesia jumlahnya bisa lebih dari itu, ya lebih mahal dari kampanye lokal yang ada di amerika. Sistem pilkada langsung di indonesia sangat menguras biaya. Kebanyakan dana itu keluar dan mubazir tanpa kontrol dan penghitungan yang jelas. Efektifitasnya juga tidak dapat diukur. Misal sebera besar efektifitas selebaran yang di tempel di tiang listrik? Tidak ada yang bisa menghitungnya.

Baca Juga: Hal yang Harus Dipelajari Kampanye Politik dari Digital Marketing

Hal ini berbeda dengan kampanye secara digital, setiap produk kampanye baik itu berupa teks dan visual dapat diukur efektifitasnya, baik secara jangkauan dan umpan balik yang didapat. Kampanye digital tidak hanya lebih efektif tapi juga fleksibel dengan berbagai macam jenis konstituen.

Artinya dalam kampanye digital, semua aktivitas kampanye bisa dikontrol penuh pergerakanya sekaligus dapat dilihat secara langsuk efektivitasnya. Hal yang tidak dapat dilakukan jika kampanye dengan cara-cara konvensional dan tradisional.

Salah satu hal hebat tentang iklan digital untuk politik adalah bahwa tidak ada hukum “periode kampanye”. Tidak seperti kampanye politik yang berjalan di TV, radio atau surat kabar di mana Anda harus mematuhi Undang-Undang penyiaran atau Undang-Undang Pemilu, ini tidak berlaku untuk iklan digital. Oleh karena itu, frekuensi bisa sangat tinggi ketika mengeksekusi kampanye digital untuk kampanye di wilayah dan mentarget konstituen.

Baca Juga: Menjadikan Email sebagai Senjata Memenangkan Pilkada

Hal hebat lainnya tentang kampanye dan iklan digital adalah kemampuan penargetan. Pemilih ideal Anda dapat ditargetkan ke karakteristik seperti lokasi geografis, perilaku online dan offline, riwayat voting, jenis kelamin, etnis, tingkat pendidikan, pendapatan, dan banyak lagi! Penargetan Rumah Tangga memungkinkan para pengguna kampanye menargetkan pemilih potensial mereka dengan presisi yang luar biasa. Ini dapat digunakan untuk menargetkan pemilih terdaftar sampai ke tingkat rumah tangga 35-40 hari sebelum pemilihan. Pada hari-hari terakhir dan jam kampanye, aset digital dan frekuensi yang tepat dapat membedakan satu kampanye. Kampanye bahkan bisa dilakukan sampai hari H pemilihan.

Dalam dunia digital anda bisa merekam langsung aktivitas relawan dan pemilih anda, menjaring database serta merawatnya secara khusus. Dengan menggunakan berbagai “vote funelling” anda bisa melakukan pengukuran dan perhitungan secara cermat. Belum lagi jika dikelola dengan pemanfaatan big data yang tepat kampanye bisa berjalan dengan sangat murah dan efisien jika dibandingkan dengan kampanye konvensional.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah menjalankan kampanye digital tidak bisa dilakukan secara serampangan dan “asal ngiklan”. jika anda adalah calon baik itu dalam pilkada maupun untuk anggota parlemen (DPR, DPD, DPRD) penting untuk memilih pengelola kampanye digital yang terpercaya.

 

One thought on “Iklan Digital akan Mengubah Kampanye Politik Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top