Makanan Halal membuat Hidup Lebih Sehat dan Tenang

SponsordLeave a Comment on Makanan Halal membuat Hidup Lebih Sehat dan Tenang

Makanan Halal membuat Hidup Lebih Sehat dan Tenang

Bagi umat muslim makanan halal merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Islam mengatur hampir semua system kehidupan dan kesehatrian uamt manusia, salah satunya dalam hal makanan. Bagi umat islam makanan bersih dan sehat saja tidak cukup, semua yang masuk kedalam perut baik minuman maupun makanan harus jelas kehalalannya.

Saat masa sekarang ini umat muslim semakin sadar akan kehalalaln setiap barang yang di konsumsi. Pemerintah sebagai regulataor dan pelayan masyarakat juga tidak tinggal diam. Dengan segala upaya dan dorongan dari berbagai pihak pemerintah akhirnya mengeluarkan UU Jaminan Produk Halal. Undang-undang ini sangat penting bagi setiap masyarakat Indonesia, dengan adanya UU Jaminan Produk Halal maka setiap produsen makanan diharuskan memastikan produksinya halal untuk di konsumsi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

jogja halal expo
foto aziz | talkshow tentang sertifikasi produk halal

Banyak yang berfikir UU ini akan menyusahkan berbagai pihak, khususnya pengusaha UMKM yang bergerak dibidang pangan/makanan. Tapi yang ditakutkan ternyata tidaklah terjadi, hal ini karena pemerintah turut aktif membantu dan mendampingi berbagai UMKM dalam pengembangan usahanya.

Khususnya dalam sertifikasi label halal, pemerintah turut andil. Tidak hanya pemerintah tapi juga BUMN ikut aktif dalam membina UMKM yang ada. Hal itu dapat dilihat pada Gelaran Event Jogja Halal Expo yang dilaksanakan di Jogja Expo Center dari tanggal 20-24 Februari 2019.

Acara ini sangatlah penting bagi pelaku usaha makanan di Yogyakarta. Jogja Halal Expo di JEC mengenalkan berbagai makanan yang khas dan unik di jogja, khususnya makanna yang sudah bersertifikasi halal. Salah satu stand yang menghadirkan makanan olahan unik adalah stand yang berisi UMKM binaan Bank Indonesia.

Stand Bank Indonesia cukup besar dan mencolok ini menghadirkan berbagai makanan unik hasil olahan pengusaha UMKM di Yogyakarta. Contohnya seperti coklat asli khas ngelanggeran hingga susu olahan kambing etawa. Berbagai olahan makanan itu diproduksi langsung oleh para pengusaha UMKM di Yogyakarta.

foto aziz | pengunjung menikmati makanan di jogja halal expo

Jogja Halal Expo yang diadakan oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk membantu UMKM local semakin berkembang, khususnya dalam sertifikasi halal. Tanpa UU pun sebenarnya halal sudah menjadi tuntutan kepada para pelaku usaha karena banyak masyarakat semakin sadar akan pentingnya makanan halal. Selain menjamin kehalalan suatu produk, sertifikasi halal juga akan memperluas pasar dan konsumen.

para peserta yang ikut serta dalam Jogja Halal Food juga mendapat pendampingan dan bimbingan serta bantuan untuk mengembangkan usahanya dari PLUT-KUMKM DI Yogyakarta. selain itu juga ada beberapa peserta yang menjadi binaan dari BUMN dan lembaga pemerintah lainnya.

Pentingnya makanan halal bagi konsumen

Dewasa ini halal sudah menjadi sebuah lifestyle, tidak hanya bagi umat muslim tapi umat beragama lainnya. Banyak juga teman saya yang non-muslim yang lebih percaya pada makanan halal, menurutnya halal lebih dari sekedar makanan tapi juga jaminan atas kualitas makanan itu sendiri.

Dengan semakin banyaknya orang yang memilih gaya hidup ‘halal’ maka mau tidak mau semakin banyak produsen makanan yang mengabil sertifikat halal. Hal ini menunjukan bahwa naiknya lifstyel hala tidak hanya ada di Indonesia tapi di seluruh dunia.

Bagi saya sebagai umat muslim jaminan makanan halal sangatlah penting. Hal penting yang harus diketahui adalah makanan halal tidak hanya karena bahan dasarnya, tapi juga prosesnya. Proses inilah yang sering tidak orang sadari, padahal ini adalah bagian yang juga penting. Bahan halal tanpa proses yang tidak halal maka status makanan akan tetap haram.

foto aziz | berbelanja dan menikmati makanan hal di jogja halal expo di JEC

Sertifikasi halal menjamin bahwa setiap makanan yang sudah memiliki sertifikasi halal benar-benar halal baik dari sisi bahan maupun proses. Sehingga saya dan tentu saja umat muslim di manapun akan menjadi tenang.

Kesadaran akan pentingnya halal dan kualitas barang oleh konsumen muslim semakin meningkat, sehingga menimbulkan persepsi baru tentang halal. Tidak lagi sebatas ajaran agama, millennials menganggap halal adalah gaya hidup sehat dan cool yang kian mengglobal. Terlihat dari banyaknya produsen (baik dari negara mayoritas maupun minoritas muslim) yang berlomba menghadirkan produk halal untuk memenuhi permintaan konsumen.

Untukitulah kita jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan halal. Makanan dengan sertifikasi halal ibaranyat semacam double protection, pertahana ganda untuk setiap makanna yang anda konsumsi. Makanan yang bersih belum tentu halal, tapi makanan yang halal sudah pasti bersih dan sehat.

Keuntungan lain dari makanan halal adalah ketenangan hati. Hal ini sangat penting bagi kita semua umat muslim, terkadang kita cemas karena makanan yang tidak halal berbahaya bagi tubuh dan hati. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman hala kita akan semakin tenang dalam menjalani hidup.

tubuh akan lebih sehat , karena zat zat yg ada dalam makana yg halal merupakan zat zat yang membantu tubuh untuk tetap sehat. Tidak mendatangkan mudharat (masalah ) bagi yang mengkonsumsinya.

Untuk itulah penting bagi kita untuk memilih makanan yang sudah jelas memiliki sertifikasi halal, selain juga memiliki manfaat secara jasmani juga memiliki manfaat secara rohani, khususnya bagi umat islam.

Yuk makan makanan halal, dengan makan makanan halal maka akan membuat bdan lebih sehat dan juga pikiran lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top