Menjadikan Ayam dan Telur sebagai ‘Energi’ Bangsa

SponsordLeave a Comment on Menjadikan Ayam dan Telur sebagai ‘Energi’ Bangsa

Menjadikan Ayam dan Telur sebagai ‘Energi’ Bangsa

Selama berabad-abad, telur dan ayam telah memainkan peran penting dalam memberi makan keluarga di seluruh dunia. Mereka adalah paket tak terkalahkan dalam hal fleksibilitas, kemudahan dan protein berkualitas tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Dan keduanya juga merupakan sumber kolin yang sangat baik, penting dalam memori dan perkembangan otak. Bila kita bicara soal harga dan rasa yang luar biasa, kita harus jujur mengakui -kalau kata orang ambon- telur dan ayam ‘seng ada lawan’.

Rasanya tak ada orang Indonesia yang tak kenal dengan ayam dan telur. keduanya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat indonesia. dari mulai kecil hingga dewasa makanan yang kaya protein ini punya peran yang besar menciptakan maunisa-manusia indonesia yang sehat dan tangguh.

Sedemikian merakyatnya telur ini sampai ada begitu banyak mitos dan pepatah dalam khazanah budaya yang beredar di masyarakat. seperti pepatah “telur di ujung tanduk”, “ayam jantan dari timur” hingga pertanyaan sepanjang zaman mana lebih dahulu telur atau ayam.

hal itu menandakan begitu merakyatnya telur di masyarakat. dalam konteks makanan konsumsi telur juga sangat dekat dengan ping masyarakat indonesia. telur dan ayam seolah menjadi menu wajib dari sejak kita balita hingga para mahsiswa yang menjadikan telur dan ayam sebagai lauk utama pendamping nasi.

Maka tidak heran jika jenis makanan yang memiliki betuk oval ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Selain itu telur juga sangat dikenal sebagai makanan yang memiliki sumber protein yang sangat tinggi. Menurut dokter gizi mengatakan bahwa telur adalah makanan yang paling padat gizi di antaranya mengandung 90% kalsium, mineral, zat besi yang terdapat dalam kuning telut dan mengandung 6 gram protein dan 9 asam amino esensial yang terdapat dalam putih telur.

fakta diatas tidak hanya karena telur dan ayam dianggap sebagai makanan enak, namun yang jauh lebih penting telur serta ayam memiliki kandungan protein dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.
Telur ayam memiliki berbagai kandungan vitamin, mineral seperti vitamin A, ribovlafin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kalium, kalsium, fosfor dan sumber protein yang sangat tinggi. Selain itu kandungan yang terdapat dalam kuning telur itu sendiri yaitu mengandung vitamin A, D, dan vitamin E yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Ayam dan telur tampaknya bisa menjadi satu paket pilihan menu makanan sehat. Sebuah riset terbaru menunjukkan, konsumsi ayam dan telur ternyata dapat meningkatkan memori pada otak.

Dalam temuannya para ilmuwan menemukan, nutrisi yang dapat memperlambat penuaan otak, yang disebut kolin. Menurut peneliti, makanan kaya kolin dapat membantu melindungi otak dari efek penuaan. Nutrisi yang termasuk dalam kelompok vitamin B ini banyak ditemukan dalam makanan seperti ayam, telur, ikan laut serta kacang-kacangan.

“Telur adalah sumber protein terbaik sekaligus termurah”

Dr. Rhoda Au, peneliti senior di Boston University menemukan, orang yang mendapatkan banyak asupan kolin dalam diet mereka cenderung mempunyai memori yang baik dan lebih kecil risikonya mengalami demensia.
Dalam risetnya, Dr Au melibatkan hampir 1.400 orang dewasa berusia 36-83 tahun. Relawan diminta untuk menjawab kuesioner diet pada tahun 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001. Mereka menjalani tes memori, kemampuan kognitif lain dan menjalani scan MRI otak.

Hasil penelitian menemukan, pria dan wanita yang mendapat asupan tinggi kolin memiliki hasil tes memori lebih baik. Faktor-faktor lain termasuk pendidikan, lemak dan asupan kalori juga turut diperhitungkan.

Keunggulan lain dari telur menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS dari Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor kandungan omega dalam telur Omega3 memang 15 kali lipat lebih tinggi dibanding telur biasa. Mengapa demikian? Tak lain karena untuk menghasilkan produk telur yang kaya akan kandungan asam lemak Omega3, pakan ayam petelurnya pun khusus. Asam lemak Omega3 memang sangat penting untuk kecerdasan. Itulah sebabnya, telur Omega3 sangat baik dikonsumsi anak balita.

Masih menurut Prof Ali, protein pada telur dan ayam merupakan Kondisioner yang baik yang bermanfaat bagi rmabut. seperti protein dan zinc seperti yang banyak diiklankan oleh banyak produk sampo. Kurangnya asupan protein akan memunculkan gangguan dan aneka masalah rambut, dari rambut rontok, bercabang, kemerah-merahan, mudah patah, dan sebagainya.

Menariknya Net Protein Utilization atau nilai kegunaan protein dari telur adalah 100%. Artinya semua kandungan yang ada dalam telur akan terserap semua dan digunakan oleh tubuh kita pada saat dicerna. Kandungan yang terdapat dalam 1 (satu) butir telur adalah 93 kalori dan 7,6 gram protein. Dan pada bagian putih telur terdapat vitamin B2, B3, ada zat potasium, sodium dan juga magnesium.

Sebagian masyarakat Indonesia belum menyadari bahwa telur dan daging ayam adalah sumber protein yang sangat murah. Jika kita membandingkan dengan harga sebatang rokok, maka harga sebutir telur itu kurang lebih harganya sama dengan sebatang rokok. Bahkan di Jakarta, harga sebutir telur sama dengan satu atau dua buah krupuk.

Jika dibandingkan dengan susu, misalnya Sebagai gambaran, susu mengandung protein sekitar 3%, sedangkan telur sekitar 12%. Padahal harga 100 cc susu relatif jauh lebih mahal ketimbang 100 gram telur. Apalagi jika dibandingkan dengan daging. Karena itu, telur meru-pakan sumber protein hewani yang terbaik sekaligus termurah.

Saat ini, baik negara maju dan berkembang mendorong konsumsi telur untuk mendapatkan manfaat gizi. Ada yang mengadakan kompetisi masak telur, seminar gizi, festival masak keluarga serta mengorganisir anak-anak sekolah untuk makan telur. hal ini di dasari kesadaran bersama pentingnya telur sebagai sumber protein penting bagi tubuh.
Protein berfungsi untuk membentuk struktur sel, membentuk dan memperbaiki jaringan, dan diperlukan untuk berbagai proses lainnya bagi kesehatan anda, seperti hormon, enzim, dan hemoglobin.

Saat dicerna, protein akan dipecah menjadi asam amino, yang kemudian akan digunakan oleh tubuh untuk membentuk berbagai protein khusus yang diperlukan tubuh. Mengkonsumsi protein setiap harinya sangat penting karena tubuh anda tidak dapat menyimpan dan membentuk asam amino.

Di Indonesia, telur ayam merupakan yang paling umum dikonsumsi dan sangat bernutrisi tinggi. Selain mengandung protein, telur ayam juga mengandung asam amino esensial bagi kebutuhan manusia. Selain itu, tinggi vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, riboflacin, asam folat, vitamin B6, vitamin B12, choline, besi, kalsium, fosfor dan potasium.

peningkatan produksi telur secara nasional

 

Sayangnya, konsumsi telur masih rendah. Data Kementerian Pertanian mencatat, konsumsi per kapita daging ayam orang Indonesia hanya 7,6 Kg per tahun atau sekitar 1 butir telur per 4 hari. Padahal rekomendasi konsumsi telur adalah 4 butir per minggu.

Telur ayam ras petelur mendominasi produksi telur nasional. Dari 1,82 juta ton telur konsumsi masyarakat, 71 persen atau 1,29 juta ton telur dihasilkan dari ayam ras petelur. Sedangkan itik menjadi penyumbang produksi telur terbesar kedua, yakni sebesar 15,6 persen ayau 282 ribu ton, sedangkan ayam kampung menjadi penyumbang telur terbesar ketiga, yaitu 1,7 persen atau 1912 ribu ton. hal ini menunjukan bahwa pandangan masyarakat terhadap pentingnya telur masih sangat tinggi. masyarakan juga masih menggap telur dan ayam sebagai sumber gizi yang baik dan selalu dicarai.

Sumber konsumsi protein masyarakat Indonesia sebagian besar dipenuhi dari telur. Selain karena harganya lebih terjangkau karena lebih murah, telur juga lebih mudah diperoleh di masyarakat.

Pantauan harga telur ayam menurut databooks katadata tercatat mengalami sedikit penurunan. Secara nasional, rata-rata harga komoditas ini berada di angka Rp 21.950 per kg. Sepanjang Mei 2017, pergerakan harga telur ayam cenderung mengalami kenaikan. Harga tertinggi yag dicapai adalah Rp 22.350, padahal di awal bulan harga komoditas ini masih berada di Rp 19.800 per kilogramnya.

“Ayam Ras Pasok 71 Persen Konsumsi Telur Masyarakat”

Meskipun berdasarkan data pemerintah, konsumsi telur masyarakat Indonesia hanya 100 butir per orang per tahun, dan masih sangat jauh dibanding konsumsi rokok yang notabene berbahaya bagi kesehatan. kita harus tetap bersyukur karena perlahan konsumsi telur dan daging di indonesia mulai mengalami peningkatan secara signifikan.
bulan oktober menjadi hari istimewa bagi Ayam dan Telur di Indonesia dan bahkan dunia.

Melihat begitu pentingnya ayam dan telur bagi indonesia, baik itu dari segi kesehatan bagi masyarakat dan perkembangan ekonomi serta industri di Indonesia. Acara HATN (Hari Ayam dan Telur Nasional) pertama kali dicanangkan tahun 2011 pada saat acara festival ayam dan telur oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MA di Senayan Jakarta, tanggal 15 Oktober 2011. Sejak saat itu setiap tanggal 15 oktober diperingati sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional.

Sementara itu World Egg Day (WED) dicanangkan di Wina Austria pada sebuah konferensi International Egg Commission (IEC) tahun 1996. IEC menetapkan bahwa Hari Telur Sedunia jatuh pada setiap minggu kedua bulan Oktober di Hari Jumat. Jadi setiap tahun tanggal peringatan WED berbeda-beda. Tahun ini jatuh pada hari Jumat 13 Oktober 2017.

Tahun ini Indonesia bersama Filipina, Australia, Inggirs, Kolombia, Austria, Kanada, Amerika, Brazil, Spanyol dan Kroasia menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Telur Sedunia. Beberapa kegiatan pendidikan diselenggarakan di Indonesia untuk menyebarkan pesan tentang bagaimana telur yang lezat dengan seminar pendidikan di Universitas Mataram, Lombok, yang menampilkan pemaparan dari Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, serta talk show pendidikan. disiarkan di Radio dan TV, distribusi selebaran pendidikan, dan konferensi pers Hari Telur Sedunia. Hari itu juga akan dirayakan dengan lomba menggambar dan mewarnai untuk siswa TK dan SD dan sumbangan telur ke sekolah dan komunitas lainnya.

Semoga Hari Ayam dan Telur Nasional tahun ini menjadi momentum yang baik bagi masyarkat dan bangsa Indonesia menyadari bahwa ayam dan telur adalah ‘energi’ yang baik dan positif. sehingga masyarakat semakin gemar mengkonsumsi protein yang baik serta murah dari telur dan ayam. selain itu kita berharap semoga peternakan indonesia bisa berkembang dan maju secara industri dan mampu menjadi penunjang ekonomi nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top