23 Tips untuk Membuat Kampanye Politik Media Sosial yang Berhasil

Kampanye Media Sosial – Aneh untuk memikirkan bagaimana media sosial dan politik hampir dibuat untuk satu sama lain karena kampanye politik telah ada lebih lama daripada kampanye media sosial. Tetapi jika Anda memikirkannya, katalis utama untuk kampanye politik selalu keterlibatan sosial, bahkan jika kita menggunakan istilah itu dengan cara yang berbeda saat ini.

Media sosial benar-benar memudahkan politisi untuk menemukan, mendengarkan, dan terlibat dengan pendukung mereka selama kampanye pemilihan. Itulah mengapa strategi kampanye politik media sosial yang baik sangat penting untuk keberhasilan kampanye politik secara keseluruhan.

Untuk membantu Anda membangun kampanye media sosial politik yang paling sukses , saya telah menguraikan 21 tip strategi digital kampanye politik untuk memandu Anda dari sebelum Anda mengumumkan bahwa Anda akan mencalonkan diri ke pemilihan seperti pilkada atau pemilihan legislatif.

Mempersiapkan Kampanye Politik Media Sosial Anda

kampanye politik media sosial
sc: unsplash

Kampanye pemilihan politik dimulai jauh sebelum pemilihan dan pengumuman. Karena itu ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa kampanye politik media sosial Anda memiliki dasar yang dibutuhkan untuk berhasil.

1) Kampanye politik adalah “brand” seperti yang lain dan Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang “brand” politik Anda sebelum mengumumkan bahwa Anda mencalonkan diri.

2) Bentuk tim media sosial politik di tim kampanye karena Anda akan membutuhkannya. Mereka dapat membantu Anda mengelola akun media sosial, membuat konten, menanggapi komentar, dan menaikan jumlah follower/subscriber/liker/ pengikut media sosial Anda.

3) Buat strategi media sosial politik termasuk editorial plan media sosial, tujuan interaksi, calon relawan dan pemberi pengaruh dari public figure atau tokoh masyarakat, dan rencana untuk digital advertising di sosial media.

4) Verifikasi akun media sosial politik Anda. Verifikasi ini penting untuk menghindari akun fake serta menunjukan keaslian akuns ehingga tidan mudah untuk dibajak.

5) Teliti dan pahami target audiens kampanye politik Anda. Mereka adalah orang-orang yang ingin Anda jangkau untuk memenangkan pemilu, sehingga Anda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang kebutuhan, perilaku, jaringan sosial apa yang mereka gunakan, dan apa yang paling penting bagi mereka.

6) Siapkan strategi untuk potensi kesalahan PR (public realtions) selama kampanye politik Anda. Rencanakan yang terburuk dan berharap yang terbaik. Tidak ada yang berharap untuk secara tidak sengaja memposting sesuatu dengan kesalahan ketik yang memalukan tetapi itu terjadi. Miliki rencana bagaimana mitigasinya sebelum itu terjadi dan saya berjanji Anda tidak akan menyesalinya. Ingan kesalahan akan selalu terjadi, tapi kita harus memiliki cara penangan saat itu terjadi meski kita berharap kesalahn tidak akan terjadi.

7) Jaga akun untuk kampanye politik terpisah dari akun media sosial pribadi. Pisahkan akun pribadi dan akun kampanye, gunakan akun pribadi untuk membangun persona dan akun kampanye untuk menggaet calon pemilih. Aktifkan dan kelola keduanya dengan baik sesuai fungsinya.

8) Gunakan software atau aplikasi untuk memantau percakapan media sosial hingga melihat pergerakan kampanye di media sosial:

  • Orang-orang yang terlibat dengan akun kampanye politik Anda
  • Tren tentang topik terkini yang penting untuk kampanye politik Anda
  • Pesaing politik utama Anda

Membuat Posting untuk Kampanye Politik Media Sosial Anda

kampanye pilkada media sosial
sc unsplash

Posting media sosial adalah nasi dan sambal dari kampanye politik media sosial Anda, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda memberi mereka perhatian yang benar-benar focus dan serius pada media sosial anda.

9) Jangan menaruh semua fokus Anda pada satu saluran media sosial. Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang di mana target audiens untuk kampanye politik Anda, jadi pastikan Anda terlibat dengan mereka di jejaring sosial yang tepat. Tidak ada salahnya menggunakan semua saluran dengan memanfaatkan tim/staff kampanye.

10) Sesuaikan pesan Anda untuk menjangkau audiens target Anda. Pastikan itu sesuai dengan mereka karena merekalah orang-orang yang akan menentukan keberhasilan kampanye pemilihan Anda.

11) Jangan memposting hal yang sama di setiap saluran media sosial. Twitter berbeda dengan Facebook dan Facebook berbeda dengan Instagram. Setiap situs jejaring sosial memiliki gaya postingnya sendiri yang diikuti kebanyakan orang, jadi Anda perlu memastikan bahwa posting kampanye politik Anda juga mengikuti mereka.

12) Untuk platform sosial dengan visual yang lebih berat seperti Instagram dan terkadang Twitter, pastikan untuk menggunakan gambar yang menarik perhatian. Lebih disukai foto aktual dibanding stok foto lama, boleh posting foto lama untuk nostalgia asal ada “story” kuat dibalik foto itu.

13) Konten video tidak boleh diabaikan. Anda tidak hanya dapat menggunakan konten video di saluran seperti Instagram, Twitter, dan Facebook untuk membuat postingan kampanye pemilu Anda lebih menarik, Anda juga harus membuat saluran YouTube. Anda dapat menjadi host video dari tur kampanye pemilihan Anda dan pesan penting yang ingin Anda bagikan dengan pengikut Anda.

14) Jangan lupakan forum dan grup seperti droup facebook lokal dan komunitas online lainnya. Komunitas ini bagus untuk memulai diskusi, mendapatkan umpan balik, dan menjawab pertanyaan tentang kampanye politik atau topik yang penting untuk kampanye Anda.

15) Gunakan alat kurasi konten media sosial untuk membantu membangun konten yang Anda gunakan di saluran media sosial Anda.

16) Tidak semuanya akan menjadi viral dan tidak apa-apa. Sebenarnya itu normal. Tetap focus dan konsisten dengan konten-konten positif.

17) Minta pengikut Anda untuk memberikan umpan balik tentang kampanye politik Anda, positif atau negatif. Ini adalah cara cepat untuk memahami apa yang penting bagi pendukung dan kritikus/pengamat/LSM kampanye politik. Ini juga menunjukkan kepada pengikut Anda bahwa Anda peduli dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Mengembangkan Kampanye Politik Media Sosial Anda

kampanye media sosial
sc: unsplash

Bagian penting lainnya dari strategi media sosial kampanye politik Anda adalah menumbuhkan pengikut media sosial Anda sehingga pesan kampanye pemilihan Anda menjangkau lebih banyak orang.

18) Dorong pengikut kampanye pemilihan Anda untuk menyebarkan berita untuk menumbuhkan pengikut sosial Anda. Ini bisa menjadi sangat penting selama periode penggalangan suara untuk pemilihan.

19) Tambahkan akun sosial Anda ke situs web kampanye anda dan semua lat peraga kampanye tradisional. Anda bahkan dapat menambahkan kolom khusus di situs web Anda yang mengumpulkan posting media sosial kampanye politik Anda menjadi satu tempat dan mudah diakses.

20) Kontes media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pengikut Anda. Kontes berbagi sosial dapat memotivasi pengikut kampanye pemilu Anda yang ada untuk membagikan pos sosial kontes di profil sosial mereka untuk mendapatkan lebih banyak penayangan dengan setiap pembagian.

21) Bermitra dengan influencer dan organisasi yang mendukung kampanye politik Anda dan bersedia membagikan kiriman Anda dengan pengikut mereka.

22) Jangan melakukan serangan frontal pada kandidat lain apalagi pada pribadinya, orang Indonesia cendrung lebih suka memilih korban yang diserang.

23) pemilih Indonesia lebih tertarik pada sosok dan persona, bukan pada visi dan misi. Jadi pastikan jangan serakah membangun citra diri, seperti apa anda ingin digambarkan oleh masyarakat, missal, pengusaha sukses, berprestasi akademik, calon yang religious,dll, sesuaikan dengan demografi daerah pemilihan.

Sangat mudah untuk melihat pentingnya media sosial dalam kampanye politik, mencari tahu bagaimana melakukannya dengan benar adalah tantangannya. Jika Anda terus membuat postingan media sosial yang menarik dan menumbuhkan pengikut Anda, maka kampanye politik media sosial Anda berada di jalur yang tepat untuk menjadi bagian integral dari keseluruhan strategi pemasaran kampanye pemilu Anda. Pastikan untuk terus melakukannya, media sosial tidak pernah tidur jadi jangan berhenti memposting dan mencari pengikut baru hanya karena Anda merasa berada di tempat yang nyaman. Karena pesaing Anda tidak akan berhenti.

Beri tahu kami pendapat Anda tentang kiat-kiat ini dan jika Anda memiliki tips lain untuk membuat kampanye politik media sosial yang sukses jangan lupa komen dibawah.

)*diambil dari juicer.io dengan tambahan dan penyesuaian.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.