Cara Bisnis Kuliner dan Restoran Bertahan Saat Pandemi

cara bisnis kuliner bertahan saat pandemi
Digital MarketingLeave a Comment on Cara Bisnis Kuliner dan Restoran Bertahan Saat Pandemi

Cara Bisnis Kuliner dan Restoran Bertahan Saat Pandemi

Bisnis offline apapun seperti restoran pasti pernah lesu. Sayangnya, kita hanya bisa mengontrol apa yang kita bisa kontrol. Fokusnya yaitu cara menarik pelanggan supaya restoran makin ramai, dan konsumen termasuk aspek yang tidak bisa kita kontrol. Apa yang bisa kita lakukan yaitu berbenah diri.

image-inset
Memilih makanan di restoran | Pic: Next Restaurant

Apalagi dalam kondisi pandemi yang serba tidak jelas ini, ada situasi non bencana alam yang juga tidak bisa kita kendalikan. Bisnis lokal di kota wisata seperti yogyakarta yang banyak mengandalkan pembeli dari pendatang (wisatawan atau anak kost mahasiswa), sehingga dalam kondisi seperti ini amat sangat terpukul.

Selama ini ada pasar besar yang sebenarnya tidak pernah kita lihat tapi punya potensial pembeli yang besar yaitu pasar lokal.

Calon pelanggan yang selama ini hampir tidak disentuh. Belum terlambat untuk mengalihkan target pelanggan untuk pasar lokal. Pelanggan yang akan terus ada, tinggal, dan kembali karena mereka sesungguhnya “tetangga” kita sendiri.

Lalu kenapa mereka tidak pernah datang, Bukan karena pelanggan tak mau beli produk yang kita jajakan, tapi karena pelanggan tak tahu ternyata kalau ada restoran/cafe yang menjual produk yang dibutuhkan. Lalu, apa yang harus kita lakukan supaya bisa menarik pelanggan?Kami menyebutnya Digital Marketing LokalSebuah proses “online activaction” dengan fokus target pada audience lokal.

Pemasaran lokal adalah strategi pemasaran yang menargetkan konsumen dan pelanggan dalam radius tertentu dari lokasi fisik suatu usaha.Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “main street business”. Ini merujuk pada kenyataan bahwa usaha kecil benar-benar bergantung pada lalu lintas pejalan kaki/kendaraan untuk terlihat di jalan utama.

Itu menyebabkan ada yang disebut tempat emas dan mahal, dimana lokasi dan jalan sangat penting. Di zaman digital dan serba online seperti sekarang, hal itu bisa tidak terlalu relevan, sekarang sesungguhnya yang disebut “jalan utama” itu adalah Google dan Sosial Media.

Jadi pertanyaannya sekarang, apakah bisnis atau restoran/cafe anda ada di sana, jika ada bagaimana orang menemukannya, lalu apa penilaian orang, serta bisakah orang yang belum kenal bisnis anda bisa datang, serta bagaimana caranya, lalu apakah yang sudah pernah membeli akan kembali lagi?Kita Tidak Tahu apa yang akan terjadi 3 minggu, 3 bulan, bahkan 3 tahun kedepan.

Sampai kapan kondisi ini akan terus terjadi.Terjun ke dunia online. Terjun artinya fokus dan secara serius, tidak setengah-setengah atau hanya ikut-ikutan. Terjun online bukan sekedar jualan online, tapi mendominasi “main street” supaya orang datang ke restoran.Yang dibutuhkan sekarang: Perlu pengunjung yang stabil.

Dan itu sangat mungkin didapatkan dari konsumen lokal. Buat yang selama ini fokus pada pengunjung dengan target wisatawan, sebaiknya mencoba untuk melakukan penargetan pada konsumen lokal.Lalau bagaimana cara mulai membangunnya dan harus mulai dari mana?

Pertama samakan dulu sudut pandang, Digital Marketing lokal untuk restoran bukan hanya seekdar jualan makanan secara online tapi membangun sistem dan kesatuan secara digital yang utuh, bukan sesaat, namun berkelanjutan.

image-inset
tampilan pencariaan berbasis Google Bisnis | Pic: Search Engine Journal

Buat Website untuk restoran

Mungkin mata anda terbelalak, untuk apa website. Website adalah company profile anda, gambaran utuh yang bisa pelanggan dapatkan dari usaha anda, selain itu website memiliki fungsi penting untuk membangun SEO lokal.

Membangun SEO Lokal

Ini hal penting yang hampir dilupakan semua pengusaha kuliner, membangun SEO lokal. Salah satu langkah terpenting dalam digital marketing untuk restoran adalah menyempurnakan optimasi mesin pencari Anda.

SEO adalah segalanya dalam hal mendapatkan lalu lintas organik ke situs web Anda, dan pada akhirnya, pelanggan di meja Anda. Ketika seseorang mengetik “restoran ayam bakar jogja (atau apa pun) terdekat/ near me,” peringkat SEO Anda akan menentukan seberapa cepat mereka menemukan Anda.Baik orang lokal maupun wisatawan, Anda perlu memastikan SEO situs web Anda menjadikan Anda hotspot lokal.

Anda dapat meningkatkan SEO Anda dengan mengambil tindakan berikut:

  • Buat blog di situs web Anda yang penuh dengan konten yang menarik dan relevan dengan bisnis anda
  • Pastikan setiap halaman situs web Anda menggunakan kata kunci lokal dan bentuk pengkodean SEO lainnya (metadata yang tersemat dalam gambar, video, pos, dll.)
  • Gunakan kedua tautan internal (ke halaman lain di situs Anda) dan tautan eksternal (ke situs web afiliasi, sumber data, dll.)
  • Pastikan informasi kontak dan alamat Anda terdaftar beberapa kali dan mudah ditemukan

Buat akun Google bisnis

Jika belum ada titik lokasi resto anda di google segeralah buat dan verifikasi, jika sudah ada segera klaim, jika sudah anda klaim dan dikelola, kelola dengan baik.Lengkapi semua info di Google My Bussines anda, dari mulai lokasi, alamat, nomer telpon, foto dan menu-menu makanan anda. Tunjukan layanan apa saja yang tersedia, sering update dan jangan lupa kelola pelanggan anda yang memberi review.

Patikan saat orang mencari layanan atau makanan dan menu di restoran anda, alamat anda ada di daftar yang muncul.

Mulai Seriuslah dengan Sosial Media

Kebanyakan sosial media restoran hanya sekedar ada, tidak banyak dioptimasikan sebagai sumber traffic dan wajah dari restoran. Seberapa besar sosial media anda menarik orang untuk datang serta seberapa informatif.

Tidak masalah apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan; Anda tidak dapat mengabaikan media sosial. Tidak masalah jika menggunakan semua saluran dari mulai tradisonal seperti facebook, instagram, twitter hingga yang naik daun seperti tiktok dan youtube. Anda bisa mulai mengaktivasinya secara serius mulai sekarang.

Sebagai bisnis, Anda harus berusaha untuk meningkatkan saluran ini jika Anda belum melakukannya. Akun biasa tidak akan cukup, Anda harus aktif di seluruh saluran.

Anda dapat mengidentifikasi 2-3 saluran yang secara khusus menjadi hit bagi Anda dan teratur dengan konten Anda di dalamnya.ini akan meningkatkan visibilitas anda di dunia maya.

Ingat dengan “main street” diatas, jalan rayanya sekarang adalah sosial media.

Manfaatkan Facebook ads, Instagram ads dan Google ads dalam prespektif lokal

Restoran adalah bisnis yang berpusat pada lokasi sehingga penting bahwa strategi digital marketing Anda tidak hanya mentarget calon pelanggan secara umum dan luas, tetapi utamakan pasar lokal pada khususnya.

Iklan daring yang ditargetkan secara lokal adalah cara yang bagus untuk membangun basis pelanggan Anda dan mendorong lebih banyak penjualan.Buat radius dari titik restoran anda, pada masa pandemi seperti sekarang orang cendrung menghindari bepergian jauh.

Jadi pastikan radius iklan anda tepat, sehingga tidak terlalu membuang-buang budget iklan.Media sosial adalah salah satu sarana untuk ini: Anda dapat meluncurkan iklan Facebook atau Instagram yang menargetkan pengguna di wilayah geografis tertentu, serta demografi lainnya yang sesuai dengan basis pelanggan Anda.

Anda bahkan dapat mengatur waktu iklan Anda untuk muncul sekitar waktu pelanggan Anda merencanakan makanan mereka, misalnya sebelum waktu makan siang atau makan malam. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengunggah daftar pelanggan lama Anda dan menargetkan mereka di Facebook dan Insta.

pastikan untuk mengelompokkan audiens sebanyak yang Anda bisa (berdasarkan ukuran pesanan, tanggal pesanan terakhir, usia dll. Anda harus berhati-hati bahwa materi iklan Anda di media sosial harus menarik secara visual untuk memaksimalkan hasil campaign.

awasi anggaran harian di dasbor Iklan Facebook dan biaya per konversi dan evaluasi keberhasilan kampanye.Begitu juga untuk iklan yang anda jalankan di Google. SEO adalah kerja jangka panjang, jadi jika itu belum berhasil dalam jangka waktu dekat maksimalkan iklan di Google Ads.

Secara fundamental demografi serta radius tidak jauh beda dengan iklan di media sosial hanya saja pastikan target kata kunci anda secara tepat. Evaluasi konversi yang anda inginkan, apakah kunjungan atau pesanan secara delivery service.Anda bisa memulai iklan di facebook atau instagram mulai Rp15.000/hari dan Google mulai RP500-Rp1000 per klik tanpa kartu kredit, jadi mulailah mencoba.

Optimalkan Database pelanggan

Jika anda belum punya, maka segera mulai membangunnya sekarang. Data adalah “minyak bumi” masa kini, data akan menjadi sumber bahan bakar anda untuk terus melaju dan semakin kencang. Minimal anda memiliki nama dan email pelanggan, semakin detail makan semakin baik. Ingat manfaatkan data sesuai izin dari pelanggan dan jangan disalahgunakan.

Hubungi kembali pelanggan anda, infokan bahwa restoran sudah mulai beraktivitas serta tunjukan berbagai layanan dan promo yang anda bisa berikan. Lihat data berapa yang satu kota dan service apa yang bisa diberikan supaya mereka tertarik, misalnya layanan gratis ongkir atau promo spesial untuk yang berulang tahun.

Salah satu bagian penting dari pemanfaatan database ini adalah Email Marketing, email belum mati dan tidak akan mati. Pelanggan anda pasti memiliki email jika mereka punya smartphone, dan pesan yang anda berikan akan langsung diterima ditangannya. Bangun loyality program, manfaatkan secara bertahap dan berkelanjutan.

Bangun komunikasi dua arah secara efektif supaya tidak jadi spam.Memang dimasa sekarang kekuatan email sebagai saluran marketing tidak sekuat dahulu, tapi bukan berarti itu tidak bisa dimanfaatkan, kekuatan email ada pada loyalitas/membership, pesan yang terkirim langsung dan promo yang lebih personal.

Dan ini sangat penting untuk membangun pelanggan lokal. Keunggulan pelanggan lokal adalah mereka tak jauh jika ingin kembali ke restoran untuk makan dan bagi restoran juga tidak terlalu berat untuk menyediakan layanan antar secara gratis. Pastikan anda memilikinya untuk otpimasi CRM, jika belum mulailah sejak sekarang.

Jangan ditunda lagi.

Syahdan

Secara garis besar itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mulai memanfaatkan digital marketing lokal untuk bisnis anda. Fokus pada pelanggan lokal pada demografi dan radius tertentu dari lokasi bisnis anda.

Dalam industri yang sangat kompetitif seperti bisnis restoran apalagi disaat pademi dan ketidakjelasan bisnis, digital marketing “mazhab” lokal sangat penting untuk dapat membangun bisnis yang sukses. Strategi pemasaran digital yang penting untuk restoran meliputi situs web yang kuat yang dioptimalkan untuk konten dan SEO, pemanfaatan sosial media, dan iklan online bertarget loka serta memanfaatkan database pelanggan sangatlah krusial.

Melakukan hal-hal ini, dan melaksanakannya dengan baik, akan membuat Anda menonjol dari pesaing Anda dan akan membantu bisnis Anda menjadi sukses dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top