Pengalaman Perpanjang SIM luar DIY di Jogja

Pandemi Corona ini memang membuat serba sulit, terutama jika berurusan dengan administrasi yang harus keluar kota. salah satunya perpanjang SIM (surat Ijin Mengemudi) untungnya sekarang perpanjang SIM sudah bisa online. Tidak seperti dulu dimana kita harus pulang ke daerah asal sesuai KTP atau Polres tempat membuat SIM sekarang sudah bisa perpanjang dan kabarnya membuat SIM di kota domisili, tidak harus sesuai alamat KTP.

awalnya saya bingung apa harus pulang atau perpanjang SIM di Jogja, kebetulan jika harus pulang agak khawatir karena pandemi gini masih sangat rawan, lalu biaya juga bisa lebih banyak. untuk itu saya coba hubungi Polres Jogja melalui Instagram, apakah bisa perpanjang SIM luar DIY di di Polres Jogja dan ternyata bisa. meskipun domisili saya di Sleman saya lebih memilih ke Polres DIY, selain karena dekat Malioboro dan sekalian jalan-jalan kebetulan yang saya DM di Instagram ya Polres Jogja. simpel.

jadi buat anda yang mau perpanjang SIM di DIY tapi KTP luar DIY mungkin pengalaman saya ini bisa bermanfaat. oia, ini hanya di Yogyakarta saja ya, belum tentu sama di setiap daerah, tapi kurang lebih urutannya sama.

Apa yang harus disiapkan

Pertama pastikan lokasi tempat anda mau perpanjang SIM, katanya bisa juga di mobil keliling, tapi kan tidak jelas lokasinya selalu berpindah dan tidak setiap hari, menurut saya lebih baik usahakan di SATPAS Polres. dan awas jangan sampai kesasar. jika anda pegawai atau kerja, usahakan ijin cuti saja, karena prosesnya tidak bisa ditebak, bisa seharian sampai siang, itu karena proses perpanjang SIM KTP luar DIY lebih panjang.

cari hari baik, SATPAS buka senin-sabtu mulai pukul 8 pagi. jangan datang mepet, usahakan datang sebelum jam 8, apalagi jika anda KTP luar Jogja, karena nanti ada beda antrian dan harus verifikasi data dulu. oia hari sabtu khusus perpanjang, biasanya antrian lebih sedikit tapi juga kuota lebih terbatas. detail dan tipsnya saya akan tulis dibawah, terus membaca ya hehehe.

saat anda datang anda bisa parkir di depan masjid persis di depan gapura atau masuk lagi ke dalam, sama saja, asal jangan di tengah jalan ya. jangan lupa bawa map kuning, fotocopy KTP dan SIM lama 3 lembar dan -ini tidak wajib- bolpoin atau pena. saran saya beli map kuning di depan, ada kakek-kakek jualan bensin dan map, berbagi rejeki beli map sama kakek itu. di dalam nanti fotocopy, berbagi rejeki sama tukang foto copy.

jika ke SATPAS Polres Jogja usahakan pakai Motor, jangan pakai mobil karena susah parkir.

setelah semua berkas lengkap anda bisa menuju lokasi gedung pelayanan.

Lokasi perpanjang sim jogja diy
gerbang depan masuk SATPAS Polres Jogja

Alur Perpanjang SIM

Datang sebelum jam 8 pagi, antri santuy duduk-duduk. nanti pukul 8 tepat akan ada orang yang buka pintu dan meletakkan dua buah meja kecil. bawa map berisi fotocopy SIM dan KTP lama ke depan pintu, letakkan di meja yang tersedia, ada dua meja, meja untuk luar Kota Jogja dan untuk KTP Kota Jogja.

Verifikasi Berkas SIM luar DIY

tanyakan saja sama orang disitu/petugasnya, meja mana untuk KTP luar DIY. letakan berkas map disitu, siapa cepat dia dapat. rebutan bos, kalau mau dipanggil awal tarus lebih dulu. hahaha

setelah itu tunggu, akan dipanggil satu-satu, pasang telinga baik-baik, jangan main game atau sosmed sampai nama dipanggil, kalau terlewat terima resiko dan jangan protes. untuk yang KTP jogja biasanya langsung di proses, untuk KTP luar DIY alurnya beda.

setelah dipanggil KTP luar DIY akan masuk di cek dan lalu di verifikasi. setelah mendapat stempel verifikasi anda baru boleh ambil antrian untuk tes kesehatan. Tanpa stempel verifikasi anda ga bakal diijinkan untuk cek kesehatan. artinya prosesnya ga bisa lanjut.

ada hari-hari sial dimana sistem offline, artinya data anda tidak bisa diverifikasi. jika ini terjadi terima nasib saja.

Tips: Jika sistem Offline, anda bisa saja lanjut untuk cek kesehatan dan tes psikologi, ambil antrian langsung, kl nasib anda baik, anda bisa lolos, kalau lagi sial lagi ya sudah datang lagi di lain hari. kalau tes kesehatan dan tes psikologi beres, besoknya bisa balik lagi tinggal verifikasi terus lanjut isi form dan bayar.

cek kesehatan perpanjang sim jogja
Pengumuman di depan tempat cek kesehatan

Cek Kesehatan dan Psikologi

oke, saatnya cek kesehatan, ini adalah proses paling lama dan paling menyebalkan. bawa berkas verifikasi anda kebagian kesehatan. lokasinya berada persisi di sebrang gapura, anda akan melihat banyak orang duduk antri disana. nah itu. saya dapat antrian nomer 96, padahal itu saya sudah lari-lari dari kantor SATPAS dan itu masih pukul 08.45 pagi. itu karena sudah banyak orang nunggu antrian dari jam 7. dan jika antrian diatas 80an kemungkinan dilayani sekitar pukul 11.00 siang hari.

setelah cek kesehatan yang kita semua tahu ngapain aja, yaitu tes tensi, tes mata dan golongan darah anda harus lanjut tes psikologi. tes psikologi ini lebih cepat. hanya mengisi 15 soal dan ga sampai 10 menit. yang menyenangkan dari tes psikologi ini ga pake antri.

Tips 1: Jika Antrian anda diatas nomer 60 sebaiknya anda tes Psikologi terlebih dahulu nanti kembali antri cek kesehatan. lokasinya tidak jauh dari tempat Cek Kesehatan, selisih 3 bangunan ke timur. tapi jika antrian anda dibawah 60 nunggu tes kesehatan dulu aja ga apa-apa. nanti lanjut tes psikologi

Tips 2: Karena proses KTP luar DIY lebih panjang, coba untuk ambil antrian cek kesehatan dulu saja, minta sama petugas yang jaga klinik langsung minta nomer, kalau ditanya bilang aja “dalam kota” atau “KTP jogja” kalau ga ditanya diem aja. kalau lolos syukur, kalau ga dapat ya nasib. akan lebih mudah kalau bawa teman KTP lokal, jadi biar nanti dia yang ambil antrian cek kesehatan.

Tips 3: Kuota per hari sekitar 120 orang, biasanya nomer antrian sudah habis pukul 09.00, jadi usahakan ambil antrian sebelum pukul 09.00. jika antrian habis, lanjut esok hari.

  • Biaya
  • Cek Kesehatan : Rp25.000
  • Tes Psikologi : Rp50.000
    Harga Sewaktu-waktu bisa berubah
tes psikologi sim
banner biru tempat tes psikologi

Isi Data dan Bayar

setelah lengkap semua, semua berkas yang terdiri dari fotocopy SIM dan KTP, berkas cek kesehatan dan tes psikologi lengkap, masukan ke map kuning dan balik lagi ke ruang berAC alias kantor pelayanan.

letakan berkas di meja yang tersedia, dan kembali antri nunggu dipanggil. setelah dipanggil anda akan diberi form yang harus diisi, isi form itu. saatnya bolpoin yang saya sarankan diparagraf awal berguna. karena antrian banyak biasanya bolpoin yang disediakan polisi habis atau dipakai, supaya cepat bolpoin punya sendiri tadi bermanfaat.

setelah mengisi form data diri, lanjut membayar biaya perpanjangan Rp80.000 untuk sim A yang saya ajukan, sesuai yang tertulis di kuitansi. tapi bisa lebih, saat kemarin saya bayar Rp85.000 kenapa? Rp5000 kemana? saat ditanya katanya itu uang bulan dana PMI. bener atau tidak ga tau sih, tapi semoga iya. jika iya saran saya ada semacam kuitansi atau nota kecil sebagai tanda terima untuk menghindari pandangan-pandangan negatif kan. kalau anda ga mau berfikri rumit, udah bayar aja biar ga ribet. kenapa saya bilang “biar ga ribet” karena kemarin diantrian depan saya ada ibu-ibu yang tanya-tanya, “uang buat apa” “ada kuitansi ga” dll, wkwkwk.

biaya perpanjang sim a
kuitansi pembayaran

Foto dan Ambil SIM Baru

setelah selesai bayar anda akan dapat nomer antrian untuk foto, masuk ke dalam, duduk nyaman tunggu dipanggil untuk foto. sambil nunggu foto bisa cuci muka, pakai makeup bahkan pakai skin care, asal jangan sampai ketiduran.

oke saat nama atau nomer antrian anda dipanggil, saatnya foto pasang wajah terbaik anda, jangan sampai menyesal, itu foto nempel 5 tahun. setelah selesai foto, balik lagi antri, jangan jauh-jauh dari ruang foto, nanti anda dipanggil untuk ambil SIM yang sudah jadi.

hore SIM anda sudah jadi. gunakan SIM baik-baik jangan buat jaminan pinjem DVD, dan tetap saat aturan lalu lintas saat berkendara.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.